BANGSA BESAR ADALAH BANGSA YANG MAMPU MEMBANGUN PERADABAN.

a
adminSabtu, 18 Juni 2022
BANGSA BESAR ADALAH BANGSA YANG MAMPU MEMBANGUN PERADABAN.

BAGIKAN :

Petanesianews.com - Kita wajib bangga karena kita adalah bangsa yang mampu membangun peradaban besar di Jamannya, dan bahkan mampu mempengaruhi peradaban bangsa-bangsa lain yang ada di sekitarnya.


Jika kita jujur melihat alur sejarah kita pasti takjub atas segala pencapaian yang di capai oleh para pendahulu kita, para leluhur kita. Bukan isapan jempol dan juga bukan dongeng bahwa Beliau - beliau telah mampu mengarungi lautan menuju daratan daratan baru dengan berbagai tujuan. Di kutip dari beberapa sumber, sejarah mencatat beliau beliau telah biasa menapaki Malaka perkiraan abad ke 15 masehi, Indo China, bahkan beliau juga telah mendirikan berbagai komunitas di Kepulauan Luzon Philipina dan bahkan sempat menuju Zimbarbar Afrika dan juga menempati Pulau Madagaskar di sisi Timur Afrika.


Hanya bangsa yang punya armada laut yang kuat dan besar yang mampu melakukan itu dan Bangsa kita tercatat mampu melakukan itu di jaman-jaman awal masehi dimana bangsa bangsa lain masih berkutat di areal mereka sendiri.


Kita juga melihat dengan nyata peninggalan - peninggalan spektakuler yang di bangun sebagai wujud eksistensi kehidupan para pendahulu kita di jamannya. beliau membangun banyak arsitektur megah dan besar yang masih bisa kita jumpai sampai saat ini. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu membangun peradaban dan bangsa kita, para leluhur kita telah menorehkan kejayaan dan kebesarannya di masa itu. 


Di kutip dari beberapa sumber, para pendahulu kita telah membangun Candi Sewu selesai sekitar 782 masehi yang indah, Membangun Candi Borobudur yang kolosal, selesai sekitar 825 masehi, Candi Sari yang cantik menurut perkiraan, candi ini dibangun kurang lebih pada abad ke 8 masehi, Candi Prambanan yang menawan dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi Plaosan Lor dan Kidul yang sensasional kompleks ini dibangun pada abad ke-9, Beliau juga meninggalkan bangunan arsitektur Candi Ceto dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit (abad ke-15 Masehi) yang sangat antik, tak lupa juga membangun Gapura Bajang Ratu diperkirakan dibangun pada abad ke-14 dan banyak lagi yang lainnya.


Para pendahulu kita meninggalkan ini sebagai warisan agar anak cucunya kelak mengetahui jejak langkah peradaban dan kebesaran beliau, Mereka meninggalkan bangunan megah agar kita sekarang bisa tahu bahwa di jamannya Beliau-beliau adalah Pemimpin pemimpin yang hebat dan tangguh, Mereka sengaja meninggalkan kita agar kita tak lupa siapa kita sebenarnya. Benang merah itu wajib selalu ada sebagai pengingat sekaligus peringatan agar kita tidak lupa JATI DIRI KITA SEBAGAI BANGSA YANG BESAR.


Banggalah kita sebagai pewaris peradaban besar, dimana peradaban besar hanya mampu diwujudkan oleh bangsa yang besar. Sriwijaya, Medang Kemulan, Kediri, Singosari dan Majapahit adalah alur kejayaan di masa itu.


"Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu membangun peradaban besar." Jayalah Nusantara, Jayalah Indonesia.


Penulis: Idrus

Editor: Rifqi

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads